Kamis, 15 November 2012

Pasti ada jalan...



Semangatlah! 

Yakinkan dirimu bahwa kamu mampu! Kamu pasti bisa. Ini hanya sebagian kecil ujian kehidupan. Jangan pernah berpikir bahwa hanya kau saja yang memiliki masalah besar. Anggap masalah itu hanya batu sandungan yang harus kau lewati dan tendang ke samping kanan dan kirimu agar tak menghalangi jalanmu.

Seperti kisah keledai yang jatuh ke sumur kering yang dalam. Pemiliknya bingung harus bagaimana, satu-satunya senjata yang dipegang pemilik keledai adalah cangkul. Lalu pemiliknya menggali tanah dan melempar tanah itu ke sumur. Tanah itu berkali-kali menimpa punggung sang keledai. Berkali-kali itu juga keledai mengibaskan badannya sedemikian rupa sehingga tanah yang ada di punggungnya terhempas ke samping kanan dan kirinya. Semakin lama, tanah semakin naik naik dan naik sampai akhirnya keledai itu mampu keluar dari sumur itu.

Apa yang kau tangkap dari kisah yang aku jelaskan tadi?

Yup. Masing-masing punya presepsi. Yang jelas semua bermula dari keledai jatuh ke sumur. Itulah masalah utama. Masalah kedua, sang pemilik tak mempunyai tali atau alat sejenisnya untuk mengangkat keledai itu. perlahan sang pemilik harus memutar otaknya. Yang ada di tangannya hanya cangkul yang biasa ia pakai untuk mencangkul ladangnya. Muncul satu ide untuk menaikkan ketinggian tanah dalam sumur, agar si keledai bisa naik perlahan. Disini si keledai mampu mengambil satu hikmah dan mengerti apa yang dilakukan oleh pemiliknya. Si keledai sudah benar mengambil keputusan dengan mengibas-ibaskan tanah yang berulang kali menimpanya, bukan berdiam diri dan membiarkan tanah itu mengubur tubuhnya. 

Itulah, seperti masalah yang kita hadapi. Untuk mampu menyelesaikan masalah kita harus berpikir keras jalan keluarnya. Jika tak ada alat yang dibutuhkan sebagai jalan keluar, Kreatiflah dengan menggunakan alat seadanya untuk menyelesaikan segala permasalahannya. Peka terhadap semua pancingan-pancingan orang lain. Manfaatkan itu. Jangan pernah sia-siakan. Pasti ada jalan...

0 komentar:

Posting Komentar

 
;