Sabtu, 26 Januari 2013

Tantang Dirimu!



Tantanglah diri kamu dengan masalah yang sedang kamu hadapi. 

Ya. Mungkin saja ini adalah tantangan yang tujuannya bukan untuk melemahkanmu, tetapi justru tantangan ini diberikan untuk meningkatkan kualitas dirimu. Ya, mengeluh dan terus stress tak ada gunanya, hanya akan membuat diri bertambah terpuruk dan jatuh, sedang pekerjaan masih utuh menumpuk dan tak ada peningkatan.
Memang, tak semua orang menyukai tantangan, namun jika tidak ada tantangan, hidup kita akan menjadi datar. Tak mengerti?
Begini, bayangkan jika hidup kita lurus-lurus saja. Semua hal bisa kita dapatkan dengan mudah tanpa sebuah perjuangan. Apakah hidup seperti itu akan membuatmu bahagia? Ya mungkin, tapi seterusnya kau akan terus seperti itu, takkan ada kemajuan. Sekolah saja ada tingkatannya, bagaimana bisa derajat manusia bisa naik tanpa satu ujian (tantangan) untuk dihadapinya.
Terkadang dalam menghadapi tantangan kau pun akan mempunyai pesaing. Seperti yang kita tahu bahwa hidup ini adalah persaingan, dalam apapun , dimanapun pasti ada persaingan. Sewaktu kau sekolah pun kau pasti bersaing untuk mendapatkan nilai yang bagus, ada rengking 1,2,3. Lalu bagaimana dengan siswa diluar peringkat itu? mereka sama sekali tidak menyerah. Tak ada kedengkian didalamnya untuk siswa yang memang berpikir jernih bahwa semuanya pasti ada yang lebih unggul. Namun apa yang selanjutnya ada di fikiran siswa diluar peringkat tersebut? Ya, mereka pun ingin meraih peringkat tersebut, tapi harus ada step-step yang harus diambil oleh mereka. Pertama adalah mencari penyebab mengapa orang lain bisa meraih prestasi unggul, tapi ia tidak. Banyak kemungkinannya. Kurang persiapan belajar mungkin, tak pernah fokus dalam mengerjakan ulangan atau ketika guru sedang menerangkan. Ya,  banyak alasan yang diri sendiri lah yang tahu. Meski terkadang untuk merubah satu kebiasaan adalah sulit, tapi tak ada yang tidak mungkin jika kemauan telah ada dalam diri kita.
Dengan tantangan itu, kita mampu meng-upgrade kualitas diri kita, semakin banyak tantangan yang kita taklukkan, semakin banyak pula pengalaman yang ada dalam otak kita. Tantangan itu  bisa datang dari mana saja, seringkali tantangan itu berbentuk sebuah tuntutan yang harus bisa kita kerjakan. Namun yang paling seru adalah mencari tantangan, menantang diri sendiri untuk menaklukkan sejumlah tantangan yang kita temukan.
Menaklukkan tantangan adalah suatu pembuktian kepada semua orang bahwa diri kita adalah mampu. Membuktikan pada mereka yang terkadang memandang kita dengan sebelah mata. Tak perlu dongkol dan membalasnya dengan perkataan yang sia-sia, cukup dengan membuktikan bahwa apa yang selama ini mereka katakan adalah SALAH!
Jangan takut menaklukkan tantangan. Menjadi sebuah kebanggaan dan kepuasan tersendiri jika tantangan itu mampu kita hadapi. Semangat!

0 komentar:

Posting Komentar

 
;