Kamis, 24 Februari 2011

Belajar? butuh apa aja y....


Bismilllahirrahmanirrahim
Mulai hari ini dengan basmalah. Semoga tak seburuk kemarin.  Tak selemah dan seputus asa kemarin. NGGAK BOLEh! Hari kemarin adalah sebuah kegagalan yang harus kamu tinggalkan dan hari ini adalah sebuah permulaan yang akan mengantarkanmu kepada kesuksesan. Belajar tak boleh mengenal lelah, belajar tak boleh mengenal putus asa, belajar perlu sebuah kesabaran ekstra dan harus tebal muka. Salah seorang teman pernah mengatakan bahwa belajar itu butuh 7 elemen :
1.       Kecerdasan
2.       Kesungguhan
3.       Keyakinan
4.       Motivasi
5.       Waktu yang lama->kesabaran
6.       Modal
7.       Guru
Itu adalah syarat untuk sukses dalam belajar. Setiap orang memiliki potensi yang sama, tapi masing-masing orang memiliki sistem retrieval (pencarian kembali) yang berbeda-beda. Yang perlu kita lakukan adalah defragmentasi (proses untuk menangani berkas-berkas yang mengalami fragmentasi internal) otak kita dengan cara mengulang-ngulang semua yang kita pelajari. Kecerdasan bisa dilatih!
Disamping anugerah kecerdasan yang dimiliki oleh manusia untuk mencapai hasil belajar yang memuaskan adalah dengan kesungguhan. Tanpa kesungguhan hasil belajar hanya akan setengah-setengah, tidak akan maksimal. Jika kita ingin berhasil mencapai hasil yang kita inginkan maka bersungguh-sungguhlah dalam belajar. Jangan pernah main-main!
Ketika kita telah bersungguh-sungguh dalam belajar , sekarang seberapa yakin anda untuk bisa mencapai hasil yang kita inginkan? Itulah yang akan kau dapatkan. Keyakinanmu adalah pencapaianmu. Allah tergantung prasangka hambanya. Jika hambanya berkeyakinan bisa. Kun fayakun. Insyaallah ada pertolongan dari Sang Maha Pemberi pertolongan. YAKINLAh! Tanamkan dalam hatimu sebuah optimisme bahwa semuanya pasti akan berhasil dengan pertolongan Allah diiringi dengan ikhtiar tentunya. Tidak ada yang tahu seberapa kemampuannya pun dirinya sendiri sampai ia mencoba.
Motivasi adalah sebuah pemicu bagi seseorang untuk melakukan sesuatu. Apa yang menjadikannya ingin melakukan sesuatu itu. Jika dalam diri kita telah ada motivasi maka sekuat tenaga dan pikiran pasti kita akan terus berusaha untuk mencapainya. Ketika seseorang telah kehilangan motivasi maka hilanglah semuanya. Demotivasi memang sering terjadi, namun bagaimana kita menumbuhkannya kembali,ibarat baterai perlu di carge. Dan ingatlah motivasi terbesar bukanlah dari orang lain, namun dari diri anda sendiri. Dengan membaca artikel motivasi, dengan mengingat kembali tujuan kita, dengan melihat ke belakang perjalanan kita, banyak jalan untuk menumbuhkan motivasi. Hanya tinggal keinginan kita untuk meningkatkan motivasi. Ketika kita telah benar2 kehilangan motivasi maka tak ada dorongan untuk belajar dan meraih hasil yang kita inginkan.
Keahlian tidak didapatkan dengan instan. Perlu proses dan waktu yang lama untuk menjadi orang ahli. Perlu latihan terus menerus untuk meningkatkan kemampuan. Kata orang kunci pintar ada lima yaitu latihan, latihan,latihan,latihan dan latihan. Perlu waktu lama untuk belajar dan kesabaran dalam belajar, karena tingkat pemahaman seseorangpun berbeda-beda, ada yang bisa mengerti dalam waktu 1 jam, namun ada juga yang baru mengerti setelah 3-4 jam.
Modal. Perlu modal untuk sukses belajar. Dari mulai buku, internet, semua tidak didapatkan secara gratis, messki bukan modal yang berbentuk uang sepenuhnya namun untuk belajar butuh pengorbanan jika memang anda sungguh-sungguh maka anda tidak akan tanggung-tanggung untuk menyediakan modal demi kesuksesan belajar.
Ketika motivasi,keyakinan dan modal telah ada pada diri anda, anda pun perlu seorang guru untuk mengajarkan dan mengarahkan anda. Jelas berbeda antara belajar otodidak dan didampingi seorang guru. Kita bisa bertanya tentang segala kesulitan yang kita alami selama proses belajar. Maka anda perlu seorang guru/mentor yang akan mengantarkan anda meningkatkan talenta anda.
Selamat BElajar.!dan yakinlah Allah akan memberikan kemudahan kepadamu. Setelah kesulitan pasti ada kemudahan. Dan terakhir jangan lupa untuk berdoa di setiap detik waktu yang anda miliki. Ingat akan Sang PEmberi Ilmu.
Allohumma nawwirqolbi binuuri hidayatika kamanawwartal ardlobinuuri syamsika Abadan abadaa birohmatika yaa arhamarrohimin…

0 komentar:

Posting Komentar

 
;